Ada banyak cara untuk penanganan limbah plastik atau sampah plastik. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sampah plastik tersebut dengan kreasi inovatif.

Hal inilah yang dilakukan oleh Pak Amran dan isterinya Ibu Sholina. Mereka berfikir bagaimana caranya agar limbah/sampah plastik tersebut bisa bernilai ekonomis dan punya banyak manfaat.

Diawali belajar dari saudara nya cara menganyam sampah bungkus plastik menjadi tas. Setelah menguasai tehnik menganyam dan membuat beraneka ragam bentuk kerajinan tangan, maka Pak Amran dan Ibu Sholina mengajak beberapa warga untuk diberikan keterampilan menganyam sampah/limbah bungkus plastik.

Ada beberapa warganya yang tertarik untuk ikut serta, dan hasilnya lumayan untuk menambah penghasilan mereka, ujar Pak Amran.

Usaha kerajinan ini mendapat apresiasi dari Kelurahan 9/10 Ulu, dengan diikut sertakan dalam pameran PKK di Kelurahan 9/10 Ulu. Banyak produk yang dibeli oleh anggota PKK yang melihat hasil kerajinan tangan dari warga R.T 39, R.W 08 ini.

Kerajinan dalam memanfaatkan limbah/sampah plastik ini dimotori oleh Ibu Sholina isteri dari Ketua R.T 39 Pak Amran.

Dalam memperoleh sampah plastik, kami mengumpulkan dari warga, dan juga ikut mencari sampah bungkus plastik yang ada di lingkungan R.T kami.

Selain dapat ilmu dan penghasilan lingkungan kami nantinya bebas sampah plastik, karena kami punggut untuk dijadikan aneka bentuk kerajinan tangan yang mempunyai nilai ekonomi dan seni, ujar Ibu Sholina dan Pak Amran. – Guntur

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here