Tanaman enceng gondok terkenal sebagai tanaman gulma, ternyata bisa juga menjadi kerajinan tangan yang menarik dan bisa menghasilkan keuntungan.

Ibu Maria istri Pak Sukirno Ketua R.T 26 R.W 07 mendirikan Kelompok Kerja (Pokja) diberi nama  Melati. Kelompok Kerja Melati ini mendapat bimbingan dan bantuan dari CSR PERTAMINA Unit III Plaju.

Bantuan tersebut berupa mesin jahit, mesin obras dan lain-lain untuk memproduksi kerajinan dari enceng gondok tersebut.

Ibu Maria menjelaskan cara pemanfaatan enceng gondok, antara lain:

Pengumpulan Enceng Gondok, Pencucian Enceng Gondok, Pemisahan Enceng Gondok Dari Tangkai, Pengeringan Enceng Gondok, Penganyaman Eceng Gondok, Membuat Pola, dan Finishing.

Ibu Maria mengatakan sebelum memotong dan membentuk anyaman yang telah dibuat, maka terlebih dahulu pengrajin perlu membuat pola produk yang akan dihasilkan, bisa membuat pola tas ataupun sepatu dan aksesori lainnya. Pembuatan pola ini diaplikasikan pada kertas koran atau cukup digambar apabila pola nanti berfungsi untuk membentuk anyaman enceng gondok.

Terakhir proses finishing dari pola yang telah dibuat maka lembaran anyaman enceng gondok bisa digunting sesuai pola tersebut. Untuk pola yang berbentuk aksesori lilit bisa langsung dilihat dan diaplikasikan dalam anyaman yang tengah dilakukan. Setelah produk sudah terbentuk, maka selanjutnya kita bisa mewarnai atau melakukan finishing. Beberapa cara melakukan finishing pada kerajinan tangan dari tanaman enceng gondok yaitu dengan mewarnai produk dengan cat minyak atau pernis. Tas atau sepatu dari enceng gondok bisa dibiarkan sesuai serat yang dihasilkannya atau bisa juga dilukis dengan berbagai macam corak.

Produk yang kami hasilkan dibeli oleh CSR PERTAMINA, Usaha ini sangat membantu ibu-ibu yang ada dilingkungan kami, tidak sekedar mendapat uamg tapi juga mendapat ilmu dan pengalaman yang berharga, ujar Ibu Maria. – Guntur

 

BAGIKAN
Artikulli paraprak
Artikulli tjetërPengrajin Rotan Butuh Bapak Angkat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here