Taman Bacaan Rumah Inspirasi terbentuk dari keyakinan bahwa minat baca yang tinggi sangat penting dalam pendidikan anak dan pembentukan karakter anak. Rendahnya budaya baca, minimnya akses untuk materi bacaan yang baik, dan bermutu adalah faktor utama minat baca anak-anak kita di Indonesia. Selain itu, banyak sekolah belum optimal dalam menumbuhkan kebiasaan membaca bagi para siswanya.

Minimnya variasi buku-buku perpustakaan di sekolah serta kondisi perpustakaan yang kurang memadai membuat perpustakaan sekolah kurang menarik untuk siswa. Faktor ekonomi tentunya juga memainkan peran penting. Tidak jarang kami temukan anak-anak harus bekerja sebagai pencari nafkah sepulang sekolah. Hal ini tentu menyita waktu belajar serta waktu membaca anak.

Risau melihat anak-anak sekarang yang sudah kecanduan dengan gadget (HP Android), itulah yang dirasakan oleh Pak Mat Zen, selaku Ketua R.T 01, R.W 01 Kelurahan 3/4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I.

Pengaruh film, games, dan informasi yang menyesatkan membuat Pak Mat Zen berpikir keras tentang bagaimana mengalihkan perhatian anak-anak dari HP Android tersebut.

Tercetuslah ide kreatif untuk membuat taman bacaan untuk anak-anak secara gratis. Taman bacaan diberi nama ‘Rumah Inspirasi’ dan diresmikan pada 18 Desember 2016.

Pak Mat Zen dibantu oleh dua orang relawan dalam mengelola taman bacaan Rumah Inspirasi. Koleksi buku untuk Rumah Inspirasi tersebut didapat dari donatur yang juga peduli dengan kondisi anak-anak sekarang.

Melihat reaksi anak-anak yang begitu antusias untuk membaca dan mengikuti kegiatan di taman bacaan Rumah Inspirasi membuat semangat Pak Zen dan dua orang relawan terpacu untuk lebih memberikan kejutan-kejutan bagi anak-anak.

Seperti memberikan reward bagi anak-anak yang sering membaca dan meminjam buku untuk dibaca dirumah. Tidak berhenti pada reward saja, Pak Zen juga menyediakan sarana olahraga berupa permainan tenis meja.

Target pembaca dari Rumah Inspirasi adalah anak-anak, mulai umur 4 tahun sampai dengan 17 tahun. Koleksi buku di taman bacaan ini diganti setiap satu bulan sekali agar anak-anak tidak merasa jemu atau bosan.

Misi Taman Bacaan Rumah Inspirasi:

Target Jangka Panjang Taman Bacaan Rumah Inspirasi adalah mencerdaskan anak-anak lewat bacaan yang bermanfaat serta pembentukan karakter anak.

Target Jangka Pendek Taman Bacaan Rumah Inspirasi adalah mengalihkan perhatian terhadap dampak buruk dari HP Android. – Guntur

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here