Pada Jumat, 22 Desember 2017, Mushalla Miftahul Jannah secara resmi menjadi Masjid Miftahul Jannah. Masjid berlokasi di Jalan H.A. Dalim Lorong Khotib R.T 71 R.W 13, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat I Palembang, diresmikan oleh Walikota Palembang Bapak H. Harnojoyo, S.Sos. diwakili oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Bapak Drs. H. Harobin Mustofa, M.Si.  Acara tersebut dihadiri oleh Camat Ilir Barat I dan Lurah Bukit Lama, Palembang.

Prosesi acara dimulai pada pukul 11.40 WIB, yaitu Kata Sambutan dan Pemberian Bantuan Dana dari Pemerintah Kota kepada Masjid Miftahul Jannah. Setelah itu, dilakukan Penandatanganan Prasasti sementara oleh Sekda Kota Palembang. Prosesi berlanjut pada shalat Jumat dan diakhiri dengan bersantap siang bersama, yang telah dipersiapkan oleh Ibu-ibu warga Lorong Khotib.

Ketua R.T 71 Kelurahan Bukit Lama, Bapak Ahmad Subeki, S.E. Ak, M.M menuturkan, masjid yang berdiri pada 1997 mulanya sebagai mushalla, lalu direnovasi dan diperbesar sekitar 4 tahun lalu. Karena jumlah jemaah bertambah dan atas aspirasi warga, mushalla diubah menjadi Masjid Miftahul Jannah pada 2017. Pak Subeki juga menyambut baik semangat para remaja dalam memakmurkan masjid. “Terbukti, mereka yang kompak menggunakan pakaian lengkap gamis dan peci, juga seringkali mereka mengikuti acara agama Islam yang ada di Kota Palembang,” tutur Pak Subeki.

Masjid Miftahul Jannah juga mengadakan beberapa aktivitas keagamaan yang dilakukan warga. Seperti diinformasikan oleh Ketua Masjid Bapak Drs. H. Muhammad Toha M.Si. (58), pada setiap subuh selalu diadakan tadarus Al-Quran bersama warga, terkhusus pada Sabtu Subuh diadakan ceramah agama.

Aktivitas keagamaan pun tidak hanya terbatas bagi warga dewasa, para anak muda pun melakukan kegiatan tafsir Alquran setiap malam Senin ba’da Isya dan mempelajari Kitab Kuning (Bahasa Arab) setiap malam Minggu ba’da Isya. Bapak Muhammad Toha sangat berharap Masjid Miftahul Jannah menjadi pusat peribadatan warga sekitar, khususnya umat islam.

Pemerintah Kota diwakili oleh Bapak Sekda Harobin Mustofa menyambut baik dan mengapresiasi pembangunan Masjid Miftahul Jannah, apalagi pembangunan masjid tersebut merupakan swadaya masyarakat. “Membangun itu kan lebih mudah, tetapi yang susah itu memakmurkan masjidnya, dan itu menjadi tugas kita semua,” ucap Pak Harobin Mustofa. Pak Harobin menganjurkan warga untuk menjadwalkan shalat Subuh berjamaah bersama dengan Walikota di Masjid Miftahul Jannah – Wira. R/Yogi

   

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here