Bertempat di Masjid Sultan Agung Kelurahan 1 Ilir Palembang dilaksanakan beberapa kegiatan, antara lain Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Khaul Wafat Almarhum Almaghfurlah Syaikh Zawawi Izdhom. Acara dihadiri sekitar 7 ribuan orang ini juga dihadiri Habib Umar Abdul Aziz bin Abdurrahman Shahab, Habib Hamid bin Umar Al-Habsyi, Habib Mahdi Shahab, K.H. As’ad, K.H Abdul Majid Dahlan, Syaikh Rosyad dari Hadromaoud, Sultan Iskandar, serta Camat Ilir Timur II, serta para tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Acara dimulai setelah Hadroh dari Maulid Arbain dan dipandu oleh H. Ridwan Rivai (Penyiar TVRI Palembang), berlanjut pembacaan Kalam Ilahi oleh anak-anak Tahfidz Sultan Agung, yakni Dafa dan Nofran. Berikutnya pembacaan Manaqib oleh cucu Shohibul Khaul Fayrouz Daag Almubarraq bin Ahmad Fauzi. Mauidhatul Hasanah oleh Ustadz Fadhlan Garamatan (Ulama Papua).

Ustadz Ahmad Fauzi menjelaskan kepada Suara RT, isi ceramah Ustadz Fadhlan Garamatan antara lain, Keberadaan alam semesta ini (alam seisinya) berawal dari penciptaan Nur (cahaya) Muhammad, yang diciptakan Allah dari Nur-Nya sendiri. Alam dunia tanpa ada Nur  Muhammad niscaya tidak akan pernah terwujud. Beliau memberikan tamsil bahwa cahaya matahari yang terdiri dari ratusan ribu cahaya jika kita memandangnya selama 10 menit saja, kemudian berbalik arah untuk melihat dunia ini niscaya kita tidak akan sanggup melihatnya. Lalu seperti apakah Nur Muhammad tersebut tentunya hanya Allah SWT yang mengetahui.

Sebelum penyelenggaraan acara Peringatan Maulid dan Khaul dilaksanakan beberapa kegiatan, antara lain Lomba Azan, Lomba membaca Al-Barzanji, dan Sunatan masal. Menurut Ketua Panitia Khaul ke V Syaikh Zawawi Izdhom H. Indra Mulya penyelenggaraan lomba-lomba dan sunatan masal didukung oleh KODAM II/SWJ. Acara sunatan masal dihadiri langsung oleh Panglima KODAM II/SWJ Mayjen TNI AM. Putranto, S.Sos., beserta jajaran KODAM II/SWJ.

Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan Khaul ke-5 Syaikh Zawawi Izdhom selalu ramai oleh jemaah yang datang dari semua penjuru kota Palembang.

Suksesnya acara ini berkat dukungan semua pihak mulai dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, Kota Palembang, KODAM II/SWJ, serta para donatur/dermawan yang tulus ikhlas membantu materi serta tenaga dan pemikiran, sehingga acara ini berjalan sesuai dengan rencana.

Shohibul Khaul Ustadz Ahmad Fauzi mengucapkan ribuan terima kasih, atas bantuan semua pihak. Hanya Allah sajalah yang dapat membalasnya, ujarnya menutup wawancara. – Guntur

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here