Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Jemaah Mushalla Istiqomah menggelar serangkaian kegiatan, yang berlangsung di Mushalla Istiqomah, di Lorong Jaya Laksana Kelurahan 3/4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I

Acara berlangsung semarak dan tertib, dihadiri Ketua R.T 9, Ketua R.T 10, Ketua R.T 11 dan Ketua R.T 12,  pengurus masjid, tokoh masyarakat, sesepuh, dan warga umum.

“Hikmah dari peringatan Maulid adalah mengingatkan umat pada jejak, napak tilas kehidupan, dan perjuangan dari Nabi Muhammad SAW sebagai nabi akhir zaman yang membawa bashiran (kabar gembira) dan nadhiran (peringatan) kepada umat manusia,

Nabi Muhammad SAW, lanjutnya, merupakan pemberi uswatun hasanah (teladan baik) yang dihadirkan oleh Allah SWT sebagai pembawa risalah untuk perbaikan akhlak manusia.

Menurutnya, manusia adalah makhluk Tuhan yang memiliki fungsi ganda, baik sebagai individu maupun sosial. Dalam hal ini, manusia sadar bahwa dalam kehidupan diperlukan adanya manusia idola.

“Manusia idola seperti Nabi Muhammad SAW dapat dijadikan sebagai contoh teladan dan perilakunya bisa diamalkan dalam kehidupan individu, keluarga, dan masyarakat,” ungkapnya.

Ajaran Islam, jelasnya, menyuruh pemeluknya untuk menjadi khaira umah (umat terbaik), menjadi umat/kelompok teladan yang mampu memperbaiki akhlak bangsa-bangsa di dunia.

“Namun, saat ini telah terjadi berbagai krisis seperti krisis etika dan moral. Itulah sebab mengapa ummat memerlukan gerakan perbaikan moral melalui masjid dan lembaga-lembaga Islam lainnya,” ujar Ustadz Taufiq Hidayat. – Guntur

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here