Banjir merupakan bencana alam yang kerap menghantui masyarakat Kota Palembang. Salah satu tempat yang kerap terkena banjir adalah di Jalan Sungai Itam, Lorong Angkatan 66. Sebagai salah satu upaya mengatasi hal itu diadakan kegiatan gotong royong oleh warga RT 16, 20, 21, dan 34 (RW 07) Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat 1.

Berdasarkan informasi yang diperoleh dari ketua R.T. 21 Bapak Mahyudin (45) yang kerap disapa Pak Ujang, banjir yang terjadi terus menerus di daerah tersebut disebabkan oleh pengembang yang menimbun rawa di daerahnya. Keluhan juga disampaikan oleh warga, bahwa biasanya banjir di daerah mereka akan surut dalam tempo 3 jam, namun belakangan telah bertambah parah dan memaksa warga melakukan gotong royong sekitar satu minggu sekali untuk memperingan dampak banjir.

Mengingat kondisi yang sudah tidak memungkinkan, ketua RT sekitar berkoordinasi dengan Lurah untuk menyampaikan aspirasi warga kepada Walikota Palembang Bapak H. Harnojoyo S.Sos. Alhasil kegiatan gotong royong yang dilaksanakan pada Minggu pagi, 29 Oktober 2017 itu pun dihadiri dan didukung oleh Walikota dengan bantuan tim Dinas Kebersihan Kota, Dinas Pekerjaan Umum, dan Taruna Siaga Bencana (TAGANA) organisasi sosial berbasis masyarakat.

Berbagai usaha telah dilakukan bersama warga, di antaranya penimbunan jalan yang tergenang banjir, memperlancar aliran yang ada, serta membuka akses aliran yang telah tertutup dengan menggunakan traktor yang telah disediakan. Walikota mengimbau warga di daerah RT bersangkutan untuk bersabar dan tetap bersama-sama mengusahakan agar apa yang diharapkan dapat segera tercapai.

Seusai gotong royong, para warga menikmati hidangan yang telah disediakan bersama dengan Bapak Walikota. Selain itu, juga tampak pembagian sembako yang khusus dibagikan untuk masyarakat sekitar. Dari kegiatan ini Ketua R.T. 21 Kelurahan Bukit Lama, Bapak Mahyudin berharap agar terbukanya aliran dapat segera terealisasi dan warga tidak kebanjiran lagi. – Wira. S

  

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here