Selasa siang pukul 14.00 WIB, di kediaman Ibu Manda Jl. H. Paqih Usman Lorong Perigi Darat No. 354 R.T 14, Kelurahan 2 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, dikunjungi Ibu-ibu pengajian Al-Ikhlas.

Ibu Manda mengundang ibu-ibu Pengajian Al-Ikhlas dalam rangka syukuran dan selamatan untuk puterinya, bernama Adelia yang tengah mengandung. Usia kandungan Adelia telah memasuki bulan ke empat. Pasangan muda Aidil Fitrisyah dan Adelia telah lebih dari lima tahun menanti kehadiran seorang anak.

Atas anugerah Allah SWT kepada pasangan muda tersebut keluarga Ibu Manda, merasa sangat perlu untuk mengadakan acara empat bulanan dengan mengundang ibu-ibu Pengajian Al-Ikhlas untuk berdoa dan membacakan ayat-ayat suci Al-Quran dan beberapa peramalan yang biasa dilakukan oleh para Ulama Palembang dahulu.

Ketua R.T 05, R.W 01, Kelurahan 2 Ulu Ibu Soffiah yang juga bibinda dari Adelia mengatakan, kegiatan pengajian bisa dilaksanakan di rumah-rumah anggota, bila ada yang berhajat suatu keperluan. Ibu Soffiah menambahkan, kegiatan syukuran ini merupakan tradisi atau adat orang Palembang yang religius dalam memegang dan menjalankan syariat Agama Islam.

Ibu Yanti selaku ketua Pengajian Al-Ikhlas menyampaikan, keanggotaan pengajian yang dia pimpin memiliki anggota mencapai 100 orang, gabungan dari beberapa R.T yang ada di Kelurahan 2 Ulu.

Usai acara selamatan, tuan rumah menghidangkan beberapa menu makanan khas Kota Palembang, yakni Ragit. Makanan ini terbuat dari adonan tepung terigu yang dicairkan, dimasak memakai kuali hangat, dicampur kuah kari dan irisan kecil daging sapi atau kambing. Rasanya enak dan gurih sekali. – Guntur

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here