M. Adrie Al-Afuw alias Afung) (14), M. Afif Al-Afuw alias Afing (13), dan Auliya Ghassani alias Auling (11) adalah tiga saudara yang merupakan atlet bulutangkis berprestasi di kota Palembang. Anak dari pasangan Bapak Abdul Halim (45) dan Ibu Masitho Marwa (41) bertempat tinggal di Jl. K.H. Wahid Hasyim Lorong  Berdikari No. 1374 RT. 02 RW. 06 Kelurahan 1 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I.

Berlatih bulutangkis sejak 2009 hingga sekarang telah menghasilkan berbagai prestasi. Terutama Afung telah dua kali menjuarai kejuaraan bulutangkis Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat kota dan provinsi dan mendapatkan medali emas. Pada tingkat nasional Afung belum bisa mengukir prestasi lebih jauh lagi.

Sedangkan Afing mendapatkan juara 3 dalam kejuaraan O2SN tingkat kota dan Auling mendapatkan juara 1 tingkat kota dan Juara 2 Tingkat Provinsi dalam kejuaraan O2SN. Untuk mengasah kemampuannya Afung, Afing, dan Auling  terus berlatih lima kali dalam seminggu di PB Semen Baturaja. Selain berlatih di PB Semen Baturaja, mereka juga secara rutin melakukan joging, skipping, sprint, dan lain-lain pada setiap subuh untuk sebagai latihan fisik untuk meningkatkan kebugaran.

Selain menjuarai kejuaraan O2SN Afung, Afing, dan Auling juga sudah banyak menorehkan prestasi lain di berbagai ajang kompetisi bulutangkis, salah satu prestasi teranyar mereka capai adalah menyabet medali emas dalam Kejuaraan Provinsi (KEJURPROV) 2017 di Sekayu.

Afung, Afing, dan Auling berkeinginan menjadi atelit bulutangkis profesional seperti Kevin Sanjaya, Viktor Axelsen, dan Tai Tzu-ying. Tetapi untuk mewujudkan keinginan tersebut mereka terhambat oleh pendidikan formal yang mereka jalani sekarang. Afung dan Afing merupakan siswa kelas 3 dan kelas 2 di SMPN 1 Palembang sedangkan Auling merupakan siswi kelas 6 di SD 78 Palembang.

Ada keinginan besar tiga atlet asal Palembang ini untuk terus mengasah kemampuan bulutangkisnya agar menjadi lebih baik dan bisa berprestasi, baik di tingkat nasional maupun internasional. Mereka berkeinginan menempuh pelatihan di Pulau Jawa. Alasan mereka, agar bisa berlatih dengan orang yang profesional tetapi juga tidak meninggalkan pendidikan formal. Menurut mereka, pendidikan formal di Palembang masih belum mendukung mereka untuk menjadi atlet sepenuhnya.

Pak Nuramansyah (51) ketua RT 02 RW 06 mengatakan, beliau sangat mendukung dan yakin kalau tiga atlet itu akan menjadi atelit profesiaonal jika terus berlatih dan dibina dengan baik. Menurut Pak Aman, Afung, Afing, dan Auling tidak hanya berprestasi di bidang bulutangkis tetapi mereka juga berprestasi di bidang modeling dan juga pernah menjadi bintang iklan di salah satu televisi swasta. – Wira. S

               

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here