Biasanya limbah hanya menjadi barang terbuang. Tapi, tidak buat Edo Noptrianda (23). Di tangan dia limbah koran dan korek api gas diubah menjadi karya miniatur menarik. Berawal pada tahun 2016, pria yang biasa disapa edo, mulai membuat miniatur dari limbah koran dan korek api gas menjadi beraneka miniatur bernilai estetis tinggi.

Ide kreatif itu timbul saat dia menonton acara di salah satu stasiun tv. Ketertarikan Edo pada hal-hal rumit serta untuk mengisi waktu luang memotivasi Edo untuk memanfaatkan limbah koran dan korek api gas menjadi miniatur otomotif seperti motor. Dalam membuat miniatur motor, Edo menggunakan seluruh bahan bahan limbah tak terpakai seperti koran dan korek api gas ditambah dengan aksesoris jahit sebagai pelengkapnya. Dalam pembuatan satu miniatur biasanya Edo membutuhkan waktu sekitar tiga minggu.

Dengan membuat miniatur dari bahan limbah koran dan korek api gas secara tidak langsung Edo juga membantu mengurangi jumlah limbah dan melaksanakan program go Green. Selain itu dengan membuat miniatur Edo juga bisa memanfaatkan waktu luang dengan hal positif. Pemanfaatan limbah menjadi miniatur juga bisa dijadikan penghasilan tambahan bagi Edo. Walaupun daya beli masyarakat kurang, respon masyarakat sangat bagus pada aktivitas kreatif Edo.

Edo merupakan anak ke-3 dari Bapak Idrus Arfan, beralamat di Jl. Leptu Karim Kadir R.T 18 R.W 02 Kelurahan Karang Jaya, Kecamatan Gandus. Menurut Ketua RT 18 Sutarman, kegiatan yang dilakukan oleh Edo sangat positif dan beliau juga sangat mendukung kegiatan itu. Dengan ada pemuda yang kreatif di daerahnya diharapkan bisa memotivasi pemuda lain daripada menghabiskan waktu dengan hal-hal tidak bermanfaat.

Untuk masalah harga, Edo belum menetapkan secara definitive. Biasanya barang dijual tergantung dengan kerumitan dan nilai estetis barang itu sendiri. Tetapi daya beli masyarakat terhadap miniatur itu, Edo akui masih sangat rendah. Salah satu faktor penyebab adalah masih kurang pemasaran. Yogi R

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here