Kesehatan merupakan salah satu faktor penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Fakta itu tercermin pada aktivitas rutin di R.T 71 R.W 13 Kelurahan Bukit Lama, berupa kegiatan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) pada tanggal 14 setiap bulan.

Letak Posyandu di rumah kediaman Ketua R.T 71 Pak Ahmad Subeki, S.E.Ak, M.M, di Jalan H.A. Dalim Lorong Khotib R.T 71 R.W 13 Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang. Disamping sebagai ketua R.T, Pak Ahmad juga berprofesi sebagai dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Sriwijaya.

Nama Posyandu di R.T 71 adalah Anggun, yang saat ini memiliki sepuluh orang kader dipimpin oleh ibu Elly Suryani (47) istri dari Ketua R.T Pak Ahmad. Kegiatan Posyandu Anggun bersifat mandiri, baik untuk para lansia maupun balita. Posyandu Anggun juga menyediakan obat-obatan, khususnya untuk pasien lansia. Dalam setiap kegiatan juga menyediakan beberapa makanan yang dapat dinikmati oleh pasien secara cuma-cuma.

Guna pembiayaan kegiatan, para kader Posyandu Anggun menggalakkan usaha pembuatan dan penjualan souvenir, seperti manik-manik, kalender, bando, wadah air minum, toples makanan, dan lain-lain. Beraneka produk tersebut dibuat sendiri oleh para kader dan dijual kepada warga dengan promosi dari mulut ke mulut.

Selain dari usaha penjualan, tentu saja posyandu juga mendapat bantuan dari pemerintah maupun donatur. Aktivitas penting lain Posyandu Anggun adalah melakukan penyuluhan kepada warga ketika kegiatan posyandu berlangsung, seperti penyuluhan mengenai Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), dan lain-lain.

Kreativitas Posyandu Anggun layak mendapatkan prestasi. Terbukti, pada 2015 Posyandu Anggun menjadi juara 1 dalam Lomba Posyandu se-Kota Palembang. Lalu, pada 2016 menggondol predikat juara 3 dalam Lomba Posyandu se-Provinsi Sumatra Selatan.

“Ya, tahun 2015 kami juara 1 di kota. Lalu dikirim ke provinsi tahun 2016 juara 3,” ujar Ibu Elly bersama para kader lain.

Pasien Posyandu Anggun tidak hanya berasal dari R.T 71, namun juga terdapat warga dari R.T 5, R.T 6, R.T 10, dan beberapa R.T lain. Ibu Marsinah dan ibu Aminah yang merupakan pasien lansia menuturkan “Pelayanan dokter baik semua, terbantu dengan hadirnya posyandu ini.” Begitu pula Ibu Lia, telah aktif mengikuti kegiatan posyandu Anggun mulai anak pertama hingga sekarang anak kedua.

Tenaga medis yang hadir pada Posyandu Anggun berasal dari Puskesmas Padang Selasa. Dokter Marhayani Marewangan (47) mengemukakan, pada setiap bulannya Puskesmas Padang Selasa menyediakan 4 orang petugas, yakni dua orang untuk balita dan dua orang untuk lansia.

Setiap tiga bulan sekali, tutur dr. Marhayani, Puskesmas Padang Selasa juga mendatangkan dokter dan petugas laboratorium khusus untuk lansia. Dokter dan petugas khusus bisa juga didatangkan pada saat pelaksanaan penyuluhan khusus, “Seperti penyuluhan tentang hepatitis dan kelas ibu balita yang dilaksanakan pada hari ini,” jelas dr. Marhayani.

Wira S/Yogi R

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here