Memproduksi peralatan rumah tangga seperti wajan, ketel, panci, sendok, dan lain-lain sejak 50 tahun lalu, menjadi kesibukan sehari-hari Ibu Kusmini (81) dan keluarga. Usaha dirintis oleh (alm) Pak Marjiman, suami Ibu Kusmini. Usaha berawal dari memanfaatkan barang rongsokan, berupa alumunium untuk didaur ulang menjadi beraneka barang kebutuhan rumah tangga.

Kini Ibu Kusmini dibantu Pak Joko Santoso (61), putra sulung dia dan karyawan berjumlah 4

orang. Dibantu oleh 4 orang tenaga produksi pada setiap hari, usaha Ibu Kusmini  mampu memproduksi beraneka peralatan rumah tangga dari alumunium untuk memenuhi perminta- an konsumen. Jangkauan pemasar- an usaha Ibu Kusmini meliputi seputar wilayah Bengkulu, Jambi, Padang, Riau, dan Palembang.

Palembang.

“Saat ini produksi kerajinan alumunium cor bergantung dari stok bahan baku yang ada,” jelas Pak Joko kepada Suara RT di kediaman dia di Jalan Jaya VI R.T 22 R.W 07 Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II, Palembang, pada Jumat (4/8).

alumunium cor bergantung dari stok bahan baku yang ada,” jelas Pak Joko kepada Suara RT di kediaman dia di Jalan Jaya VI R.T 22 R.W 07 Kelurahan 16 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu II, Palembang, pada Jumat (4/8).

Dalam proses produksi, bahan baku dilebur menggunakan tungku pembakaran bersuhu tinggi. Beraneka bahan baku

berupa barang rongsokan diperoleh dari para pengepul barang loakan. Setelah mencair atau berwujud jenang, alumunium dituangkan ke dalam cetakan wajan, lalu ditutup menggunakan tanah.

Berikutnya wajan cetakan diangkat dan bagian alumunium tercetak yang masih kasar dihaluskan. Proses akhir adalah mempercantik dan

menyempurnakan wujud wajan, sendok, atau aneka produk alumunium cor lain.

Pak Joko berharap produksi alumunium cor yang orangtua dia rintis dapat berjalan terus dan lebih banyak lagi menyerap tenaga kerja. Saat ini kebutuhan bahan baku untuk usaha Pak Joko berkisar 500 kg per bulan. Harga bahan baku per kilogram Rp. 60.000,- Melalui usaha pengolahan limbah alumunium ini Pak Joko dapat memperoleh penghasilan bersih sekitar Rp.15.000.000,- perbulan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here