Sejumlah tujuh kelurahan di  Kecamatan SU II mengikuti Lomba 10 Program Pokok PKK. Tujuh kelurahan tersebut adalah PKK Kelurahan 11 Ulu, 12 Ulu, 13 Ulu, 14 Ulu, 16 Ulu, Tangga Takat, dan Sentosa.

Tim penilai lomba berasal dari Tim dari PKK Kota Palembang, yang dipimpin oleh Wakil Ketua Ibu Yetri Murniawati. Ibu Yetri juga merupakan Kasi Penguatan Kelembagaan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat pada Pemerintah Kota Palembang.

Beliau dan rombongan mengunjungi Kelurahan 16 Ulu Kecamatan Seberang Ulu (SU) II, pada Kamis, 3 Agustus 2017, pukul 8.30 s.d 11.30 WIB. Kunjungan tersebut dalam rangka menjadi Tim Penilai dalam Lomba 10 Program Pokok PKK se-Kecamatan SU II.

Kegiatan lomba diselenggarakan di pekarangan rumah Ketua R.T 22 R.W 07 Kelurahan 16 Ulu Kecamatan SU II Ibu Hj. Sri Rahayu.

Kriteria penilaian lomba, antara lain aspek administrasi, pencegahan Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), pelaksanaan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K), pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (Toga), dan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

Ketua Tim Penilai Ibu Yetri kepada Tabloid Suara RT mengatakan, para peserta lomba secara umum telah berupaya maksimal. Bahkan, lanjut Ibu Yetri, beberapa peserta telah bekerja dengan sangat baik dan memperoleh nilai sempurna untuk bidang-bidang tertentu.

Penilaian lomba tidak untuk mencari-cari kekurangan para peserta. Menurut Ibu Yetri, kegiatan lomba bertujuan lebih meningkatkan kinerja kader PKK selaku mitra pemerintah kota dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini, jelas Ibu Yetri merupakan program pemerintah, baik pusat maupun daerah yang bertujuan mengukur dan mengetahui sejauh mana pelaksanaan kegiatan dan program yang sudah dilaksanakan oleh PKK di semua jenjang dan tingkatan.

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan SU II Ibu Destuti Purnama menambahkan, pembenahan-pembenahan seharusnya bukan semata mata dilakukan pada saat lomba, akan tetap dilaksanakan setiap saat sehingga dapat memberikan manfaat lebih besar bagi keluarga, lingkungan, dan masyarakat di sekitar.

Dalam kesempatan sama, Ketua TP PKK Kecamatan SU II Ibu Destuti Purnama dan Ketua TP PKK Kelurahan 16 Ulu Ibu Sri Ismiharti menyampaikan apresiasi kepada para pengurus dan kader PKK kelurahan, agar saling membahu menata kelurahan hingga lebih siap menyukseskan lomba 10 Program Pokok PKK.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here