Bagi pemuda khususnya pelajar, banyak aktivitas selain sekolah yang dapat dijadikan kegiatan untuk mengisi waktu luang. Contohnya, Gumilar Adithya Darmawan (21) yang berhasil menjadi Bujang Palembang tahun 2015 melalui ajang Pemilihan Bujang Gadis Palembang. Pada 2016 dia juga menyabet Putra Sriwijaya pada ajang Pemilihan Putra-Putri Sriwijaya.

Gumilar mengaku telah tertarik mengikuti ajang Bujang Gadis Palembang pada tahun 2014 melalui kakaknya yang juga alumni Bujang Gadis Palembang tahun 2008. Tetapi karena masih banyak hal yang harus dipersiapkan maka ia memutuskan untuk mengundur niat tersebut dan baru ikut lomba pada 2015. Kegiatan itu, tutur Gumilar yang akrab di panggil Gugum, dia ikuti untuk mengisi kekosongan waktu pada masa libur perkuliahan.

Pada saat mengikuti Bujang Gadis Palembang, banyak tahapan dilalui Gumilar, mulai penyisihan, semifinal, hingga grandfinal, bahkan mereka sempat melalui proses karantina selama empat hari tiga malam saat memasuki tahap grandfinal. Setelah berhasil menyabet gelar Bujang Palembang, berbekal kemampuan Public Speaking dan Bahasa Inggris Gumilar dipersiapkan mewakili Kota Palembang maju ke tahap provinsi bersama tiga finalis lain (Desya, Berli, dan Alif) untuk mengikuti ajang Putra-Putri Sriwijaya 2016 menghadapi perwakilan 16 Kota dan Kabupaten Se-Sumatera Selatan.

Saat melalui ajang Putra-Putri Sriwijaya, Gumilar menunjukan bakatnya dalam beladiri pencak silat. Berbeda saat mengikuti ajang Bujang Gadis Palembang, dia menunjukkan kebolehan dalam freestyle basket. Alhasil, pemuda lajang bertinggi badan 182 cm memenangkan ajang tersebut berpasangan dengan Desya Rahayu (20) menjadi Putra dan Putri Sriwijaya 2016 mewakili kota Palembang. Kemenangan itu setelah terakhir kali kota Palembang menyabet gelar tersebut pada 2013.

Gumilar adalah anak kedua dari tiga bersaudara dari pasangan Raden Memet Rachmat S dengan Hervi Deswina. Ayah Gumilar adalah wirausaha asal Kota Bandung sedangkan ibunya keturunan India-Belanda. Saat ini Gumilar bersama orangtuanya berdomisili di Jalan Sapta Marga Komplek Bukit Palem Residence Blok B No.5, Kelurahan Bukit Sangkal, Kecamatan Kalidoni, RT 53 RW 03.

Dalam menjalankan seluruh aktivitas sebagai Bujang Palembang dan Putra Sriwijaya untuk mempromosikan Sumatera Selatan, tentunya akan menghabiskan waktu, tenaga, dan pikiran, apalagi Palembang akan menjadi tuan rumah dalam perhelatan Asian Games 2018. Di tengah jadwal kegiatan yang padat, Gumilar masih dapat menjalankan perkuliahan di Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya.

Untuk mencapai sukses, Gumilar menerapkan prinsip disiplin waktu, terutama dalam menyeimbangkan waktu antara pendidikan dan aktivitas lain bersama Dinas Pariwisata Palembang.  Wira Saputra.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here